Sunday 12 February 2017

PENYAKIT INSOMNIA DAN CARA MENGATASINYA

MENGENAL PENYAKIT INSOMNIA
Gangguan tidur merupakan suatu masalah besar bagi sebagian orang, banyak orang mengeluh susah tidur bahkan ada sebagian orang yang harus melewatkan malam hingga pagi tanpa tertidur sedikitpun, kondisi ini sangat menekan mereka yang menderita insomnia, bagi sebagian orang yang harus melakukan rutinitas sehari-harinya dipagi hari baik untuk bekerja, sekolah maupun kuliah menjadikan hal ini sebagai masalah besar, tidak bisa tidur, mungkin hal ini terdengar sangat aneh, hal yang sangat mudah dilakukan, tetapi menjadi masalah besar karena tidak dapat tertidur.

Insomnia merupakan  masalah gejala kelainan dan gangguan tidur akibat adanya pengaruh psikologis, penyakit insomnia disebabkan oleh faktor psikis seseorang, selain itu faktor fisik juga mempengaruhi, banyak sekali faktor yang mempengaruhi gangguan tidur, depresi juga dapat menimbulkan insomnia, selain itu insomnia juga disebabkan oleh faktor lingkungan sekitar, teman tidur yang mendengkur juga akan jadi suatu masalah saat tidur, selain itu insomnia juga disebabkan oleh pola tidur yang tidak konsisten.

Insomnia dibagi atas 3 macam :
1. Insomnia Transient
Insomnia ini bersifat sementara, hanya terjadi untuk beberapa hari dan tidak berkelanjutan secara terus menerus, insomnia ini biasanya disebabkan oleh kebisingan lingkungan, dan suhu ekstrim.

2. Insomnia Akut
Insomnia ini terjadi dalam durasi yang lama, empat sampai enam minggu, jenis insomnia ini biasanya disebabkan oleh faktor stress dan kecemasan, insomnia jenis ini juga disebabkan oleh beberapa faktor dari insomnia transient.

3. Insomnia Kronis
Insomnia krosnis merupakan masalah yang sangat besar bagi mereka yang mengalaminya, jenis insomnia ini bisa berlangsung berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun, hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan, karena akan mempengaruhi produktivitas, kualitas dan keselamatan hidup.


PENYEBAB INSOMNIA
  • Stress
  • Depresi
  • Gangguan emosional
  • Faktor lingkungan/kebisingan
  • Cahaya
  • Cuaca ekstrim

CARA MENGATASI INSOMNIA
Banyak sekali cara untuk mengatasi insomnia, konsultasi kedokter mungkin hal yang pertama yang harus anda lakukan jika insomnia sudah mencapai tahap kronis, karena dengan melakukan konsultasi kedokter anda akan mengetahui apa yang menjadi penyebab ganngguan tidur pada diri anda, selain melakukan konsultasi kedokter berikut ada beberapa cara untuk mengatasi penyakit insomnia :

  • Olahraga Yang Teratur
Luangkan waktu minimal 30 menit per hari untuk berolahraga, dengan berolahraga teratur setiap hari secara tidak langsung dapat mengurangi atau menghilangkan stress, olahraga dapat membantu mengurangi beban pikiran dan dapat mengurangi kegelisahan dalam diri anda, stress merupakan salah satu faktor timbulnya penyakit insomnia, jadi mulai dari sekarang rajinlah berolahraga untuk menghilangkan stress, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Anxiety pada tahun 2008 dalam laporannya mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengatasi gejala-gejala kecemasan yang menimbulkan stress.
  • Hindari Kafein
Kafein mengandung zat stimulan untuk sistem saraf pusat, zat tersebut dapat menghilangkan rasa kantuk, biasanya kafein terdapat dikopi, teh, dan minuman bersoda, jadi hindarilah kafein ketika memasuki sore hari, karena butuh waktu beberapa jam untuk menghilangkan zat kafein dalam tubuh.
  • Atur Pola Tidur Yang Teratur
Kebiasaan tidur teratur dan bangun teratur setiap harinya merupakan salah satu cara untuk mengatasi insomnia, dengan teratur mengatur pola tidur, tubuh akan dengan mudah beradaptasi dengan rutinitas tersebut, jadi aturlah pola tidur dengan teratur.
  • Hindari Stress Dimalam Hari
Stress dapat muncul kapan saja, usahakan untuk terhindar dari stress dimalam hari, karena akan berdampak pada gangguan tidur anda, setelah beraktifitas seharian penuh mungkin akan muncul beban-beban pikiran yang dapat menimbulkan stress, mungkin salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stress adalah dengan pergi ketempat tidur dengan pikiran yang tenang dan mendengar musik sebelum tidur mungkin akan membantu untuk menghilangkan kecemasan dan kegelisahan dalam diri anda.
  • Atur Suasana Kamar Lebih Nyaman
Suasana kamar yang nyaman akan sangat membantu anda untuk tertidur dengan cepat, aturlah kamar tidur anda senyaman mungkin, agar anda dapat beristirahat dengan nyenyak dan nyaman, faktor kenyamanan kamar tidur sangat berpengaruh pada insomnia, kamar yang kotor dan tidak terurus mungkin akan membuat anda tidak nyaman dan dapat berpengaruh pada kualitas tidur anda.
  • Jangan Tidur Siang
Bagi anda yang menderita penyakit insomnia usahakan jangan tidur siang, karena jika anda tidur disiang hari anda akan kesulitan untuk mengantuk pada malam harinya.
  • Matikan Cahaya Lampu
Cahaya lampu merupakan faktor yang dapat mengganggu tidur anda, bagi anda yang mengalami insomnia lebih baik mencoba untuk mematikan cahaya lampu dikamar anda, karena dalam kondisi gelap tanpa cahaya akan memudahkan anda untuk tertidur.
  • Perbanyak Minum Air Putih
Dehidrasi juga dapat memicu insomnia, kekurangan cairan dalam tubuh tidak baik untuk kesehatan, bagi anda yang mengalami insomnia coba untuk memperbanyak minum air putih, semakin banyak anda mengkonsumsi air putih semakin baik untuk kesehatan anda.
  • Tidur Lebih Awal
Coba lakukan hal ini jika anda mengalami insomnia, tidurlah lebih awal dari biasanya, lakukan hal ini sacara rutin setiap harinya, hal ini mungkin dapat membantu anda untuk mengatasi insomnia.
  • Mandi Air Hangat
Ini salah satu cara untuk menghilangkan stress, mandi dengan air hangat akan membuat anda merasa lebih rileks dan membuat anda merasa lebih nyaman dari biasanya, banyak orang melakukan hal ini setelah mereka bekerja seharian, mandi dengan air menjadi salah satu solusi menghilangkan lelah.

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi insomnia, coba lakukan cara-cara tersebut secara rutin setiap harinya, semoga anda dapat mengatasi insomnia dengan melakukan cara-cara tersebut, jangan lupa bagikan untuk teman-temanmu, Semoga Bermanfaat :)



Lokasi:medan Medan, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia

0 comments:

Post a Comment