Thursday 26 January 2017

TEMPE, MAKANAN KHAS INDONESIA YANG SANGAT BAIK UNTUK KESEHATAN

Tempe, makanan khas negeri kita Indonesia !!!
Di Indonesia Siapa yang tidak kenal dengan tempe ?

Makanan khas masyarakat Indonesia yang sudah sangat mendunia, harga yang sangat terjangkau, kaya akan protein dan mengandung nilai gizi yang sangat baik untuk kesehatan menjadikan tempe sebagai makanan populer, bagi sebagian masyarakat indonesia tempe sudah menjadi makanan sehari-hari, tempe dijual dengan harga yang sangat murah, maka jangan heran kalau setiap hari masyarakat Indonesia selalu mengkonsumsi tempe.

Pernah dengar kata-kata Jangan bermental tempe ?
Itu bukan berarti kita tidak boleh makan tempe, jangan bermental tempe maksudnya tempe itu lembek, kita tidak boleh memiliki mental yang lembek, kita harus memiliki mental baja, sama seperti kandungan yang terkandung didalam tempe, kaya dengan nilai-nilai gizi yang akan membuat tubuh kita kuat dan menjadikan otak semakain cerdas dan berkembang, meski harganya sangat murah dan sangat mudah untuk didapatkan.
Tempe
Tempe terbuat dari kacang kedelai, makanya banyak mengandung nilai-nilai gizi yang tinggi, kandungan gizi pada tempe sangat tinggi, tempe mengandung vitamin B yang sangat bagus untuk menjaga sistem saraf dan tubuh, baik untuk kesehatan rambut dan kuku, viatamin B juga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan, Tempe juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang dan ibu hamil, selain itu tempe juga mengandung karbohidrat yang tinggi, zat besi, fosfor dan protein nabati.

Tempe memiliki banyak sekali manfaatnya, berikut beberapa manfaat dari tempe :

1. TEMPE SEBAGAI SUMBER ENERGI
Kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi pada tempe sangat bermanfaat untuk sumber energi yang dibutuhkan tubuh, tubuh membutuhkan dan protein yang cukup.

2. BAIK UNTUK ANAK-ANAK
Antioksidan dan antibiotika yang terkandung didalam tempe sangat baik untuk kesehatan anak, tempe mengandung antibiotika dana antioksidan, dimana antibiotika ini sangat berguna untuk menjaga sistem imun anak dari virus dan bakteri yang menyerang terhadap anak dan dapat menyembuhkan infeksi, sedangkan antioksidan berfungsi untuk menjaga anak dari radikal bebas.

3. BAIK UNTUK SISTEM PENCERNAAN
Didalam kandungan tempe mengandung vitamin B, vitamin B sangat baik untuk sistem pencernaan, didalam pembuatan tempe digunakan jamur rhizopus oligoporus sebagai ragi, jamur tersebut mengandung enzim pencernaan setelah difermentasi, sangat bagus untuk pencernaan, vitamin b juga sangat baik untuk perkembangan otak.

4. TEMPE KAYA AKAN KALSIUM
Kalsium sangat diperlukan dalam proses metabolisme, tulang juga sangat membutuhkan kalsium, kandungan kalsium pada tempe sangat baik untuk kesehatan tulang, mengkonsumsi tempe secara rutin akan membuat tulang semakin kuat.

5. MENJAGA DAN MENURUNKAN TEKANAN DARAH
Tempe juga kaya akan magnesium, magnesium berperan penting dalam kestabilan tekanan darah, magnesium berfungsi untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan mencegah terjadinya pembekuaan darah.


6. BAIK UNTUK IBU HAMIL
Ibu hamil membutuhkan kalsium yang tinggi,setiap harinya ibu hamil membutuhkan 1000mg kalsium, tempe mengandung kalsium yang tinggi, sangat baik jika ibu hamil mengkonsumsi tempe secara rutin setiap harinya, sebenarnya kandungan kalsium tidak hanya terdapat pada tempe, pada susu, ikan salmon, keju, jeruk dan pisang juga mengandung kalsium yang tinggi, dan masih banyak sekali sayuran dan buah-buahan yang mengandung kandungan kalsium yang tinggi.

7. UNTUK MENJAGA DAN MEMBENTUK OTOT TUBUH
Kandungan protein dan serat yang tinggi juga diyakini mampu membentuk dan memlihara otot tubuh, untuk para pria yang ingin badannya berotot mereka melakukan fitnes dan ditambah asupan makanan yang mengandung protein tinggi, tempe memiliki kandungan yang kaya protein dan sangat bagus dikonsumsi untuk membentuk otot tubuh.

Itu dia manfaat-manfaat dari mengkonsumsi tempe secara rutin !!!

Semoga bermanfaat :)





Lokasi:medan Medan, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia

4 comments: