Sunday 29 January 2017

BAHAYA JAMUR KUKU

Pernah ujung jari kalian terbentuk titik putih atau kuning ?? Atau kalian pernah melihat orang lain yang kuku jarinya mengalami peruhan warna, menebal, dan rapuh ??

Itu bisa jadi ujung jari tersebut terdapat jamur, biasanya jamur tersebut terdapat di ibu jari kaki, jamur kuku dalam bahasa medisnya Onikomikosis, jamur yang menyerang kuku tersebut adalah jamur Dermatofit, faktor utamanya adalah kebersihan pada bagian kaki,  jika tidak segera diobati jamur kuku akan menyebar keseluruh kuku, kuku akan berubah warna, menimbulkan bau busuk, dan seiring berjalannya waktu kuku akan hancur, tentu akan membuat kita kurang percaya dirikan sobat ??

Banayak sekali cara untuk mengatasi dan mengobati jamur kuku, sebelum kita bahas cara mengatasi dan mengobatinya perlu kita ketahui terlebih dahulu ciri-ciri kuku yang terinfeksi jamur kuku.
Berikut beberapa ciri-ciri kuku yang terinfeksi jamur kuku :

1. Perubahan warna kuku
Kuku yang terinfeksi jamur kuku (Onikomikosis) akan mengalami perubahan warna, ujung jari akan terbentuk warna putih atau kuning.
2. Kuku akan menebal
Setelah terjadi perubahan warna pada kuku, secara perlahan kuku akan menebal, infeksi jamur akan mengembang secara perlahan.
3. Kuku akan Rapuh
Kuku akan rapuh dengan sendirinya, perlahan kuku yang menebal akan rapuh dan bersisik.
4. Kuku berbau busuk
Jika tidak segera ditangani, kuku yang mulai menebal dan rapuh akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, karena faktor dari infeksi jamur dermatofit.
5. Gatal-gatal disekitar kuku
Jamur dermatofit juga akan mengakibatkan gatal-gatal disekitar jari, kebersihan mungkin akan menjadi faktor yang mengakibatkan infeksi jamur kuku.

JARI KAKI YANG TERINFEKSI JAMUR KUKU


Kebersihan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan jamur dermatofit yang menyerang kuku, dermatofit merupakan jamur yang menyerang kulit, jamur ini dapat menyerang kulit hingga lapisan paling dalam termasuk kulit dibagian kuku, sebelum terjangkit jamur tersebut perawatan kuku dan menjaga kebersihan disekitar kuku merupakan salah satu cara untuk terhindar dari jamur kuku (Onikomikosis).

Berikut beberapa cara untuk mencegah infeksi jamur kuku :

  • Jaga kebersihan kuku
Kebersihan dibagian kuku menjadi yang perlu diperhatikan agar terhindar dari infeksi jamur kuku, setiap kaki dibasahi dengan air usahakan agar selalu dilap dengan bersih hingga kering.
  • Ganti kaus kaki secara berkala
Jangan pernah memakai kaus kaki dalam kondisi lembab, karena jamur dermatofit akan sangat mudah berkembang dibagian yang lembab, gantilah kaus kaki secara berkala, gunakan kaus kaki yang mudah menyerap air.
  • Jangan memakai cat kuku
Memakai cat kuku akan membuat kuku anda lembab, hal ini akan memudahkan dan memperparah infeksi dikuku.

Kuku merupakan bagian tubuh yang sangat perlu diperhatikan kebersihannya, terlebih kuku kaki, karena dikaki akan sangat mudah bakteri dan kuman berkembang, ikutilah saran-saran diatas, agar dapat meminimalkan resiko terkena infeksi jamur kuku.



Bagaimana cara mengobati jamur kuku ???
Banyak cara untuk mengobati infeksi jamur kuku, bisa dengan obat Topikal, Obat Oral, dengan bedah, dan bisa juga dengan obat jamur kuku herbal, berikut kita bahas tentang cara pengobatannya satu per satu

1. Pengobatan Topikal
Untuk pengobatan topikal, salah satu obat yang sangat ampuh untuk jamur kuku adalah Emtrix, Emtrix merupakan sedian topikal yang dijual ditoko-toko obat, komposisi dari obat ini antara lain Lactid acid, sodium hydroxide, urea dan propylene glycol akan sangat ampuh untuk membasmi jamur kuku, selain Emtrix, Amorolfine dan cipropilox lacquer juga dapat digunakan untuk jamur kuku, obat-obat tersebut bekerja untuk membasmi dan mencegah pertumbuhan jamur.

2. Pengobatan Oral
Untuk ibu hamil sangat tidak anjurkan untuk menggunakan pengobatan melalui oral, karena sangat berbahaya untuk kandungannya, untuk obat oral dapat digunakan Terbinafine 250mg sekali sehari, obat ini harus digunakan selama enam minggu, obat ini bekerja untuk mengatasi infeksi jamur pada selangkangan, kulit kepala, kaki dan kuku, selain terbinafine untuk obat oral juga dapat digunakan Itrakonazol, obat ini juga untuk mengatasi jamur dikulit dan dikuku.

3. Pengobatan dengan bedah kuku
Jika anda mengalami kerusakan kuku secara total, bedah kuku mungkin akan menjadi salah satu solusinya, pencabutan kuku dilakukan jika kuku yang terinfeksi jamur kuku sudah rusak secara total, anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk hal ini, biasanya pencabutan kuku dilakukan karena kuku mulai menimbulkan rasa nyeri dan peradangan disekitar kuku.

4. Pengobatan Herbal
Untuk pengobatan jamur kuku secara herbal, bawang putih mungkin akan menjadi salah satu solusinya, campurkan minyak bawang putih dengan cuka putih, oleskan pada daerah yang terinfeksi jamur kuku, cara ini akan memperlambat perkembangan jamur kuku.

Itu dia beberapa cara untuk mencegah dan mengobati jamur kuku, ingat !!! mencegah lebih baik dari mengobati !!!

Semoga bermanfaat yaa :)
Lokasi:medan Medan, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia

1 comments: