Tuesday 24 January 2017

8 MANFAAT DONOR DARAH UNTUK KESEHATAN

Donor darah merupakan suatu kegiatan memberikan darah secara sukarela untuk orang yang membutuhkan tanpa mengharapkan imbalan dengan tujuan untuk membantu mereka yang membutuhkan darah, donor darah itu banyak sekali manfaatnya, selain bermanfaat bagi yang menerima juga bermanfaat bagi yang mendonorkannya, berikut beberapa manfaat dari donor darah :

1. MEMBANTU ORANG LAIN YANG MEMBUTUHKAN DARAH
Membantu sesama yang lagi membutuhkan adalah hal sangat mulia dimata Allah, menjadi manusia itu yang bermanfaat bagi orang lain, itu sabda Rasulullah SAW, Donor darah juga salah satu kegiatan yang dapat bermanfaat bagi orang lain.






2. MENURUNKAN RESIKO TERKENA KANKER

Donor darah secara rutin sangat besar manfaat bagi kesehatan kita guys, resiko terkena kanker akan sangat mengecil jika rutin melakukan donor darah, lakukanlah donor darah setiap 3 bulan sekali, karena semakin konsisten kita dalam mendonor darah, maka semakin kecil kemungkinan kita terkena kanker.

3. MEMBANTU MEMBAKAR KALORI SECARA TERATUR
Bagi kalian yang merasa diri kegemukan, ingin diet, ayo donor darah secara rutin mulai dari sekarang, karena setiap kita melakukan donor darah 650 kalori dalam tubuh akan terbakar, tapi ingat guys, tujuan utama kita bukan untuk diet, tetapi untuk membantu orang-orang yang lagi membutuhkan darah.

4. MEMBANTU MELINDUNGI JANTUNG
Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, 88% pria dari 2.862 orang yang rutin mendonorkan darah memiliki jantung yang lebih sehat hingga usia tua, resiko terkena serangan jantung sangat kecil bagi yang secara rutin melakukan donor darah.


5. MEMPERBARUI SEL DARAH BARU
Dengan rutin melakukan donor darah sel darah dalam tubuh kita akan selalu diperbarui dengan sel darah baru, jadi kalau kita rutin melakukan donor darah sel darah yang terdapat ditubuh akan selalu diganti dengan sel darah baru.

6. DAPAT MENINGKATKAN SEL DARAH MERAH
Manfaat donor darah selanjutnya sel darah merah akan meningkat dengan melakukan donor darah, semakin rutin melakukan donor darah akan sangat bagus untuk kesehatan kita guys....

7. MENDAPATKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS
Bagi pendonor yang ingin mendonorkan darah, sudah pasti mendapatkan pemeriksaan kondisi tubuh secara gratis, mulai dari pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan normal atau tidaknya kadar hemoglobin dalam tubuh, hingga pemeriksaan berat badan pada saat ingin melakukan donor darah.

8. MENDAPATKAN PEMERIKSAAN DARAH SECARA GRATIS
Sample darah dari pendonor akan diperiksa terlebih dahulu di laboratorium untuk mengetahui si pendonor mengalami penyakit tertentu atau tidak, langkah ini dilakukan untuk mengetahui darah yang didonorkan memenuhi persyaratan atau tidak. dengan adanya pemeriksaan tersebut maka akan terdeteksi penyakit-penyakit menular seperti HIV, Hepatitis, Tuberkulosisi (TBC), AIDS dan penyakit-penyakit menular melalui darah lainnya.

Itu dia Manfaat dari donor darah, Ayo donor darah secara rutin, banyak sekali manfaatnyakan...Semangat donor darah, Semangat Membantu Sesama...
Semoga Bermanfaat :)

2 comments: