Thursday 9 March 2017

DAMPAK BURUK PENGGUNAAN SMARTPHONE

Dizaman modern ini mungkin tidak ada lagi yang tidak menggunakan smartphone, smartphone sudah menjadi kebutuhan utama bagi manusia, mulai dari bangun pagi hingga kembali untuk tidur dimalam hari seakan-akan tidak ingin terlepas dengan  smartphone, menggunakan smartphone secara terus menerus akan berdampak buruk bagi kesehatan anda, terutama pada bagian mata, banyak sekali dampak buruk yang disebabkan oleh sinar smartphone.


Berikut beberapa dampak dari penggunaan smartphone secara terus menerus :

1. Dapat Merusak Retina 
Retina merupakan lapisan tipis sel yang terletak dibagian belakang bola mata, berdasarkan penelitian para ahli mengatakan bahwa pancaran sinar smartphone yang digunakan secara terus menerus dapat mengganggu penglihatan, pancaran sinar dalam batas wajar tidak akan berdampak seperti demikian.

2. Mengganggu Siklus Tidur
Tanpa disadari sebagian orang tidak dapat tertidur dimalam hari diwaktu yang normal, ini ada kaitan dengan sinar dari smartphone, pancaran sinar dari smartphone dapat mempengaruhi produksi hormon melatonin, hormon ini merupakan hormon yang secara alami ada didalam tubuh manusia, hormon ini diyakini berfungsi untuk mengatasi masalah tidur, dengan terganggunya produksi hormon melatonin akan berpengaruh pada gangguan tidur alami, maka jangan heran banyak orang tidak bisa tidur dan lebih memilih memainkan smartphonenya hingga larut malam.

3. Dapat Membuat Mata Lelah Dan Sakit Kepala
Bermain smartphone terlalu lama membuat mata lelah dan sakit kepala, dengan berlama-lama menatap sinar yang dipancarkan oleh smartphone dapat mengganggu mata anda, terlebih jika jarak pandang mata anda terlalu dekat, untuk mengatasi hal ini cobalah menjaga jarak antara smartphone dengan mata anda atau memperbesar font smartphone anda.
4. Dapat Mengakibatkan Pembungkukan
Terlalu sering menggunakan smartphone dapat mengakibat akan posisi anda selalu dalam keadaan membungkuk, keadaan ini akan membuat meningkatnya tekanan pada otot leher dan punggung.

5. Dapat menyebabkan Katarak
katarak merupakan kekeruhan yang terjadi pada lensa mata yang lama kelamaan dapat menyebabkan mengaburnya penglihatan, tidak menutup kemungkinan penggunaan smartphone secara terus menerus dapat menyebabkan penyakit katarak.

Itu dia dampak buruk penggunaan smartphone secara terus menerus bagi kesehatan anda, mulai sekarang aturlah sebaik mungkin cara penggunaan smartphone yang benar, Semoga bermanfaat :)

0 comments:

Post a Comment